Kamis, Februari 24, 2011

Tips Menjadi Karyawan BerPRESTASI

Tips Menjadi Karyawan BerPRESTASI
http://rumahkerja.com

Jika ditilik dari masa kerja, bisa jadi Anda sudah tergolong senior. Namun bisakah Anda menyebutkan apa saja prestasi yang sudah diraih selama ini? Apalagi jika Anda ingin mengembangkan sayap menuju jenjang karir yang lebih tinggi, baik di perusahaan yang sekarang atau perusahaan lain yang lebih bonafit.
Deskripsi mengenai prestasi tentu akan jauh lebih menarik ketimbang deskripsi tugas yang selama ini digeluti. Bahkan, akan memberikan nilai tambah bila Anda mencantumkannya dalam resume. Paling tidak, Anda akan menunjukkan bahwa Anda adalah seorang pekerja yang berkualitas.
Sudahkah anda mengetahui bakat anda sendiri agar bisa menjadi karyawan berprestasi ? Sebagai pimpinan yang membawahi banyak pegawai tetapi tidak kenal bakat alaminya, akan berdampak kepada tingkat kepercayaan anak buah kepada dirinya semakin rendah. Betapa sakitnya menjadi pemimpin yang tidak dihormati oleh para anak buah. Pemimpin yang sukses dan tidak kenal bakat alaminya akan dilihat oleh anak buahnya hanya sebagai “prestasi yang kebetulan”, “prestasi bernasib baik” atau kata orang hanya sebagai “orang bejo”. Tentu kita harus membuktikan kepada mereka bahwa prestasi yang kita dapatkan adalah prestasi yang memang telah sesuai dengan bakat alami kita dan perjuangan gigih yang pantang menyerah.

Beberapa jenis prestasi yang sangat mungkin dicantumkan dalam resume , antara lain adalah:
1. Pencapaian target. Kumpulkan beberapa target tersukses yang pernah dibebankan oleh supervisor atau perusahaan kepada Anda. Akan sangat mudah mendefinisikannya bila proyek itu merupakan target pribadi. Namun bila hal tersebut merupakan proyek keroyokan, maka definisikan kontribusi Anda dalam pencapaian itu secara jelas.
2. Menepati tenggat waktu. Boleh dikata, hampir semua industri-terutama industri media- harus berpacu dengan waktu. Oleh karena itu, jangan heran bila karyawan-karyawan yang mampu melaksanakan tugas dengan hasil yang berkualitas dan tepat waktu cenderung lebih dihargai. Cantumkan hal ini dalam resume bila Anda termasuk salah satu orang yang disiplindan menghargai waktu.
3. Kemampuan dalam memecahkan masalah. Dalam hidup-apalagi bisnis-pasti selalu saja ada masalah. Jika Anda pernah menangani masalah pelik dalam bisnis dengan baik, tak ada salahnya jika hal tersebut dikemukakan dalam resume. Tentu saja tak sembarang masalah bisa dipaparkan dalam resume. Pilih yang memang layak untuk dikemukakan.
4. Kemampuan menangani beberapa tugas sekaligus. Mungkin banyak karyawan yang bisa mengerjakan tugas dengan baik. Namun hanya segelintir yang mampu mengerjakan berbagai pekerjaan dalam waktu yang hampir bersamaan dengan kualitas yang tetap optimal. Jika Anda termasuk salah satunya biarkan hal tersebut muncul dalam resume.
Sahabat Rumahkerja.com yang baik, Jika keempat hal ini ada pada diri Anda plus berkas sertifikat penghargaan sebagai buktinya, maka sudah sepantasnya Anda disebut sebagai karyawan yang berprestasi.

Salam Sukses!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar