Rabu, Juni 03, 2009

Programable logic controle (PLC)

Dalam era globalisasi kata plc itu tidaklah asing lagi-dan sering kita jumpai dalam industri industri besar maupun kecil!plc yang berarti programable logic controle yang artinya mengacu kepada hal2 pemograman atau inputan yang bisa menjalankan mesin secara otomatis maupun manual dengan inputan sesuai dengan rumus dalam program plc! Plc serng kali kita gunakan,apa bila kita memang membutuhkan alat atau mesin yang bisa membantu meringankan kinerja kita sendiri! Sebenarnya plc itu lebih mengacu kepada pikiran kita sendiri,bagaimana kita memikirkan alat tersebut bekerja seperti apa,berguna seperti apa!jadi kita sendiri yang handle plc itu!
Plc terdiri dari consule,cpu!consule itu yang kita pergunakan buat inputan dan pemograman selanjutnya dari inputan itu langsung diproses ke cpu yang akan dilanjutkan ke alat atau mesin yang kita pasangkan ke cpu tersebut!atau bisa juga kita menggunakan komputer yang sudah ada progran plc!
Kenapa plc sering digunakan dalam industri2 besar!
Karena plc ini lebih simple pemakaian,hemat tempat,bisa upgrade program,murah!banyak sekali kegunaan dari plc ini!
Saya pernah membuat sebuah program plc yg mana dari cara kerja sistem yang saya buat di consule itu terprogram untuk menjalankan mesin secara otomatis 3 fasa degan timer,kegunaan alat ini sangat beragam dalam industri besar!bisa dipergunakan dalam industri yg bergerak dibidang pemindahan barang secara otomatis,kapal!banyak sekali kegunaan yang saya buat waktu itu.
Makanya banyak perusahaan yg memakai plc,merk plc pun beragam ada omron,siemen!
Diharapkan sih dengan adanya plc kita dapat menciptakan sebuah alat yang mampu bekerja dgn baik dan bisa membantu kinerja dari kita pribadi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar